Teori Komputasi serta Implementasi dibidang Ekonomi

 

Teori Komputasi

Komputasi merupakan sebuah cara untuk menemukan pemecahan masalah dari input data dengan menggunakan algoritma. Teori komputasi berkaitan dengan studi bagaimana sebuah masalah dapat diselesaikan pada sebuah model dengan menggunakan algoritma. Model tersebut dinamakan model komputasi. Teori komputasi dibagi menjadi 3, yaitu :

 

1. Teori Otomata ( Automata Theory )

Teori otomata adalah pelajaran mengenai mesin abstrak dan masalah komputasional yang dapat dipecahkan menggunakan mesin tersebut. Mesin abstrak inilah yang disebut Otomata. Teori otomata sangat dekat hubungannya dengan Teori Bahasa Formal, karena otomata sering diklasifikasikan dalam kelas bahasa formal. Otomata digunakan sebaga model teoritis untuk mesin komputer dan digunakan untuk membuktikan perhitungan.

 

2. Teori Komputabilitas ( Computability Theory )

Teori ini secara pokok menangani persoalan masalah yang mana yang dapat dipecahkan oleh komputer. Dengan kata lain, teori komputabilitas mengklasifikasikan masalah yang dapat diselesaikan atau masalah yang tidak dapat diselesaikan.

 

3. Teori Kompleksitas ( Computational Complexity Theory )

Teori ini akan mengkaji kebutuhan waktu dan ruang untuk memecahkan persoalan yang diselesaikan dengan pendekatan yang berbeda – beda. Dengan kata lain, teori kompleksitas mengklasifikasikan masalah yang mudah atau sulit.


Implementasi Komputasi dibidang Ekonomi

GOPAY

GOPAY merupakan salah satu implementasi komputasi modern dengan mengadakannya transaksasi pembayaran secara online pada saat melakukan pembayaran terhadap barang/jasa yang ingin dibeli.




GOPAY dapat disebut sebagai E-Money atau E-Wallet yang dapat diakses secara online. Penggunaannya pun sangat mudah, hanya dengan mengetahui nomor handphone seseorang saja sudah bisa mengirimkan uang virtual ke akun mereka dengan cepat dan aman. Serta ketika ingin membeli sesuatu, hanya tekan tombol pay via GOPAY pada website yang ingin melakukan transaksi dan nantinya tinggal confirm pada aplikasi GO-JEK.

Dengan adanya komputer, sebagian besar urusan dibidang ekonomi yang biasanya harus dilakukan secara manual dapat dipermudah dengan menggunakan komputer. Berbagai aplikasi pengolah kata dan data dapat membantu di dalam bidang ekonomi ini.


Komentar