Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial


Sebelum kita membahas tentang ISD dan IPS, kita akan memahami dulu kelompok Ilmu Pengetahuan. Ilmu Pengetahuan sendiri di kelompokkan menjadi 3 yaitu :
  1. Ilmu Pengetahuan Alam (natural science). Ilmu pengetahuan alam adalah pengetahuan yang sistematis dan berlaku secara umum yang membahas  mengenai gejala alam yang dihasilkan berdasarkan hasil observasi, eksperimen, penyimpulan, dan penyusunan teori
  2. Ilmu  Pengetahuan Sosial (social science). Ilmu Pengetahuan Sosial  adalah suatu bahan kajian yang terpadu yang merupakan penyederhanaan, adaptasi, seleksi dan modifikasi yang diorganisasikan dari konsep-konsep dan keterampilan-keterampilan sejarah, geografi, sosiologi, antropologi, dan ekonomi.
  3. Ilmu Pengetahuan budaya (the humanities). Ilmu Pengetahuan Budaya 
    adalah pengetahuan dasar yang umunya mengenai konsep-konsep untuk mengkaji masalah mengenai manusia dan kebudayaannya. 

Apa itu ISD..


ISD atau Ilmu Sosial Dasar adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang masalah-masalah sosial di dalam sebuah masyarakat yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang diekembangkan untuk membahas masalah manusia .

Ilmu Sosial Dasar juga diberikan kepada mahasiswa sebagai suatu bahan program studi atau mata kuliah umum dalam rangka usaha untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan guna mengkaji gejala-gejala sosial agar daya tanggap, presepsi, dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosialnya .


Apa saja tujuan ISD..


Tujuan ISD terbagi menjadi dua yaitu Tujuan Umum dan Tujuan Khusus.

Tujuan umum ISD ialah pembentukan dan pengembangan kepribadian sekaligus perluasan wawasan perhatian, pengetahuan, dan pemikiran mengenai berbagai gejala yang timbul dalam lingkungannya, khususnya gejala mengenai  masyarakat dengan orang lain, agar daya tanggap, presepsi, dan penalaran mengenai lingkungan sosial dapat dipertajam.

Sedangkan Tujuan khusus ISD ialah.. 
  1. Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-maslah sosial yang ada dalam masyarakat.
  2. Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
  3. Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya (mempelajarinya).
  4. Memahami jalan pikiran para ahli dalalm bidang ilmu pengetahuan lalin dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalalm rangka penanggulangan maslah sosial yang timbul dalam masyarakat.

Apa saja Ruang Lingkup ISD..


ISD mencakup masalah-masalah sosial yang timbul didalam sebuah masyarakat. Untuk mempelajari masalah-masalah sosial tersebut lebih baik kita  dapat mengidentifikasi kenyataan-kenyataan sosial dan memahami sejumlah konsep - konsep sosial. ISD dapat dibedakan atas tiga golongan beasar yaitu :
  1. Kenyataan-kenyataan sosial yang ada didalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu.
  2. Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas pada ilmu sosial.
  3. Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang satu dengan yang lainnya saling berkaitan satu sama lain.

ISD juga terdiri dari 8 pokok pembahasan yang diharapkan untuk dipelajari dan dipahami, yaitu :
  1. Berbagai masalah kependudukan dalam hubunganya dengan pengembangan masyarakat dan kebudayaan.
  2. Masalah Individu, keluarga dan masyarakat.
  3. Masalah pemuda dan sosialisasi
  4. Masalah hubungan antara Warga Negara dan Negara
  5. Masalah pelapisan sosial dan kesamaan derajat.
  6. Masalah masyarakat perkotaan dan masalah pedesaan.
  7. Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan integrasi.
  8. Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan keserjahteraan masyarakat.


Apa itu IPS..

IPS atau Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu pembelajaran tentang konsep sosial. Yang berhubungan dengan geografi, sejarah, antropologi, sosiologi dan ekonomi. 

Jadi untuk IPS memang mempelajari tentang hubungan manusia dengan sosial. Dari ekonomi mengenai bisnis, sejarah terbentuknya masyarakat, kewilayahan, dan lainnya. Setiap ahli memiliki pengertian yang berbeda-beda dari ilmu pengetahuan sosial itu sendiri.

Apa tujuan IPS..


Tujuan utamanya tentu untuk mengembangkan kemampuan peserta didik untuk melihat masalah sosial dan lingkungan masyarakat, peserta didik juga menjadi lebih peka terhadap nilai sosial kemanusiaan yang ada di lingkungan, hal ini bisa dijadikan dasar dalam bermasyarakat. Peserta didik pun akan semakin peka dengan apa yang terjadi di lingkungannya.


Apa saja persamaan dan perbedaan ISD dan IPS..

Persamaannya :

  1. Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan/pengajaran.
  2. Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
  3. Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.

Perbedaannya :

  1. Ilmu Sosial Dasar diberikan di Perguruan Tinggi, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan.
  2. Ilmu Sosial Dasar merupakan satu mata kuliah tunggal, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran(untuk sekolah lanjutan).
  3. Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian,sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual.



Komentar

Posting Komentar